Kontraktor jasa pengaspalan jalan di Pulau Bali dan sekitarnya. Harga Aspal Hotmix Per Meter Persegi, Biaya Upah Borongan Pengaspalan Jalan Per meter - Pelaksana Proyek Pengaspalan Jalan Hotmix di Pulau Bali dan Jawa Timur - KONTRAKTOR SPESIALIS PENGASPALAN JALAN - Jasa pengaspalan aspal hotmix berkwalitas & bergaransi di dukung dg tenaga-tenaga ahli area kerja: Bali dan sekitarnya.
Kontraktor jasa pengaspalan jalan di Pulau Bali dan sekitarnya. Harga Aspal Hotmix Per Meter Persegi, Biaya Upah Borongan Pengaspalan Jalan Per meter - Pelaksana Proyek Pengaspalan Jalan Hotmix di Pulau Bali dan Jawa Timur. Selain menerima jasa pengaspalan, kami juga menerima jasa pekerjaan sebagai berikut: 
* pemasangan paving block 
*  pemasangan kanstin 
* pengecoran jalan/rigid pavement 
* pemasangan batu kali/pondasi 
* pemasangan turap 
* pemasangan pagar panel beton
* dll.

Paket pengaspalan berikut spesifikasinya:

PAKET A
(pelapisan aspal hotmix) 1. Pembersihan area kerja 
2. Coating aspal/perekat ( elmosi)
3. Gelar hotmix 2cm 
4. Pemadatan dg baby loler
5.mobilisasi,alat dan tenaga kerja
6. Pembersihan kembali area kerja/finising

PAKET B :
(aspal penestrasi) 

1. Gelar batu makadam
2. Gelar batu split
3. Koting aspal bakar (perekat)
4. Gelar abu batu
5. Pemadatan dg mesin walls
6. Mobilisasi,alat dan tenaga kerja.

PAKET C
(pelapisan ulang/overlay)1. Pembersihan area kerja
2. Tambal sulam batu split untuk lokasi yg berlubang/rusak
3. Coating aspal cair(perekat)
4. Gelar aspal hotmix
5. Pemadatan dg baby loler
6. Mobilisasi,alat dan tenaga kerja

PAKET D bikin baru dari 0%/dari tanah
1. Gelar batu makadam
2. Gelar batu split
3. Siram/coating aspal cair (perekat)
4. Gelar aspal hotmix 3cm
5. Pemadatan dg mesin walles
6. Mobilisasi,alat dan tenaga kerja.

PAKET HARGA PEMASANGAN PAVING BLOCK

PAKET HARGA PEMASANGAN PAVING BLOCK A 
pemasangan paving blok k300 press hydrolik t6cm1.kondisi lahan sudah siap pasang
2. Leveling 
3. Gelar abu batu 5cm 
4 pemasangan paving blok 6cm 
5. Pemadatan dg stamper kodok 
6. Alat dan tenaga kerja

PAKET HARGA PEMASANGAN PAVING BLOCK B
pemasangan paving blok k300 press hydrolik t 8cm1.kondisi lahan sudah siap pasang
2. Leveling
3. Gelar abu batu 5cm
4. Pemasangan paving blok t 8cm
5. Pemadatan dg stamper kodok
6. alat dan tenaga kerja.

PAKET HARGA PEMASANGAN PAVING BLOCK C
untuk jasa pemasangan paving blok nya saja
1. Kondisi lahan sudah siap pasang
2. Leveling
3. Gelar abu batu
4. Pasang paving blok
5. Pemadatan dg stamper kodok
6. Alat & tenaga kerja.


PAKET HARGA PEMASANGAN PENGASPALAN HOTMIX Kontraktor jasa pengaspalan jalan di Pulau Bali dan sekitarnya selengkapnya Silahkan Hubungi Kami.

TAHP PENGASPALAN JALAN

Tahapan Proses Pengaspalan Hotmix - Pembangunan Infrastruktur seperti Jalan, jembatan dan sebagainya merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat di suatu wilayah. Berikut ini kami sajikan informasi mengenai tahapan proses pengaspalan jalan hotmix (aspal beton).

Pengertian Aspal Hotmix (beton)


Pengertian Aspal beton adalah suatu bahan yang terdiri dari campuran antara batuan (agregat kasar dan agregat halus) dengan bahan ikat aspal yang mempunyai persyaratan tertentu, dimana kedua material sebelum dicampur secara homogen, harus dipanaskan terlebih dahulu. Karena dicampur dalam keadaan panas, maka sering disebut sebagai hot mix. Semua pekerjaan pencampuran hotmix dilakukan di pabrik pencampur yang disebut sebagai Asphalt Mixing Plant (AMP).
  

Konstruksi jalan terdiri dari beberapa lapis, antara lain: Subgrade, Sub Base Course, Base Course, dan Surface. Aspal beton yang dipergunakan untuk lapis perkerasan jalan juga terdiri dari beberapa jenis, yaitu: lapis pondasi, lapis aus satu, dan lapis aus dua. Untuk mendapatkan mutu aspal beton yang baik, dalam proses perencanaan campuran harus memperhatikan karakteristik campuran aspal beton, yang meliputi:



1. Stabilitas

Stabilitas aspal beton dimaksudkan agar perkerasan mampu mendukung beban lalu lintas tanpa mengalami perubahan bentuk. Stabilitas campuran diperoleh dari bgaya gesekan antar partikel (internal friction), gaya penguncian (interlocking), dan gaya adhesi yang baik antara batuan dan aspal. Gaya-gaya tersebut dipengaruhi oleh kekerasan permukaan batuan, ukuran gradasi, bentuk butiran, kadar aspal, dan tingkat kepadatan campuran.



2. Durabilitas

Aspal beton dimaksudkan agar perkerasan mempunyai daya tahan terhadap cuaca dan beban lalu lintas yang bekerja. Faktor-faktor yang mendukung

durabilitas meliputi kadar aspal yang tinggi, gradasi yang rapat, dan tingkat kepadatan yang sempurna.



3. Fleksibilitas

Fleksibilitas aspal beton dimaksudkan agar perkerasan mampu menanggulangi lendutan akibat beban lalu lintas yang berulang-ulang tanpa mengalami perubahan bentuk. Fleksibilitas perkerasan dapat dicapai dengan menggunakan gradasi yang relatif terbuka dan penambahan kadar aspal tertentu sehingga dapat menambah ketahanan terhadap pembebanan.



Berikut ini adalah Sumber Aspal:

  • Aspal merupakan suatu produk berbasis minyak yang merupakan turunan dari proses penyulingan minyak bumi, dan dikenal dengan nama aspal keras.
  • Aspal juga terdapat di alam secara alamiah, aspal ini aspal alam
  • Aspal ini dibuat dengan menambahkan bahan tambah kedalam aspal yang bertujuan untuk memperbaiki atau memodifikasi safat rheologinya sehingga akan menghasilkan jenis aspal baru yang disebut aspal modifikasi.

1. Aspal Hasil Destilasi

Minyak mentah disuling dengan cara Destilasi, yaitu proses dimana berbagai fraksi dipisahkan dari minyak mentah tersebut. Proses destilasi ini disertai oleh kenaikan temperatur pemanasan minyak mentah tersebut. Pada setiap temperatur tertentu dari proses destilasi akan dihasilkan produk-produk berbasis minyak.



a. Aspal Keras

Pada proses Destilasi fraksi ringan yang terkandung dalam minyak bumi dipisahkan dengan destilasi sederhana hingga menyisakan suatu residu yang dikenal dengan nama aspal keras. Dalam proses destilasi ini, aspal keras baru dihasilkan melalui proses destilasii hampa pada temperatur sekitar 480 ºC. Temperatur ini bervariasi tergantung pada sumber minyak mentah yang disulaing atau tingkat aspal keras yang akan dihasilkan.

Untuk menghasilkan aspal keras dengan sifat-sifat yang diinginkan, proses penyulingan harus ditangani sedemikian rupa sehingga dapat mengontrol sifat-sifat aspal keras yang dihasilkan.



b. Aspal Cair

Aspal cair dihasilkan dengan melarutkan aspal keras dengan bahan pelarut berbasis minyak. Aspal ini dapet juga dihasilkan secara langsung dari proses destilasi, dimana dalam proses ini raksi minyak ringan terkandung dalam minyak mentah tidak seluruhnya dikeluarkan. Kecepatana menguap dari minyak yang digunakan sebagai pelarut atau minyak yang sengaja ditinggalkan dalam residu pada proses destilasi akan menentukan jenis aspal cair yang dihasilkan. Aspal cair dibedakan dalam beberapa jenis, yaitu:

· Aspal Cair Cepat Mantap (RC = Rapid Curing), yaitu aspal cair yang

bahan pelarutnya cepat menguap. Pelarut yang digunakan pada aspal jenis ini biasanya adalah bensin

· Aspal Cair Mantap Sedang (MC = Medium Curing), yaituaspal cair yang

bahan pelarutnya tidak begitu cepat menguap. Pelarut yang digunakan pada aspal jenis ini biasanya adalah minyak tanah

· Aspal Cair Lambar Mantap (SC = Slow Curing), yaitu aspal cair yang

bahan pelarutnya lambat menguap. Pelarut yang digunakan pada aspal jenis ini adalah solar.

Tingkat kekentalan aspal cair sanagat ditentukan oleh proporsi atau rasio bahan pelarut yang digunakan terhadap aspal keras atau yang terkandung pada aspal cair tersebut. Aspal cair jenis MC-800 memiliki nilai kekentalan yang lebih tinggi dari MC-200.



c. Aspal Emulsi

Aspal emulsi dihasilkan melalui proses pengemulsian aspal keras. Pada proses ini partikel-partikel aspal keras dipisahkan dan didispersikan dalam airyang mengandung emulsifer (emulgator). Partikel aspal yang terdispersi ini berukuran sangat kecil bahkan sebagian besar berukuran sangat kecil bahkansebagian besar berukuran koloid. Jenis emulsifer yang digunakan sangat mempengaruhi jenis dan kecepatan pengikatan aspal emulsi yang dihasilkan. Berdasarkan muatan listrik zat pengemulsi yang digunakan, Aspal emulsi yang dihasilkan dapat dibedakan menjadi :

· Aspal emulsi Anionik, yaitu aspal emulsi yang berion negatif.

· Aspal emulsi Kationik, yaitu aspal emulsi yang berion positif

· Aspal emulsi non-Ionik, yaitu aspal emulsi yang tidsk berion (netral)



2. Aspal Alam

Aspal Alam adalah aspal yang secara alamiah terjadi di alam. Berdasarkan

depositnya aspal alam ini dikelompokan menjadi 2 kelompok, yaitu:

· Aspal Danau ( Lake Asphalt)

Aspal ini secara alamiah terdapat di danau Trinidad, Venezuella dan

lewele. Aspal ini terdiri dari bitumen, mineral, dan bahan organik

lainnya. Angka penetrasi dari aspal ini sangat rendah dan titik lembek

sangat tinggi. Karena aspal ini dicampur dengan aspal keras yang

mempunyai angka penetrasi yang tinggi dengan perbandingan tertentu

sehingga dihasilkan aspal dengan angka penetrasi yang diinginkan.

· Aspal Batu ( Rock Asphalt)

Aspal batu Kentucky dan buton adalah aspal yang secara alamiah

terdeposit di daerah Kentucky, USA dan di pulau buton, Indonesia.

Aspal dari deposit ini terbentuk dalam celah-calah batuan kapur dan

batuan pasir. Aspal yang terkandung dalam batuan ini berkisar antara 12

– 35 % dari masa batu tersebut dan memiliki persentasi antara 0 – 40.

Untuk pemakaiannya, deposit ini harus ditimbang terlebih dahulu, lalu

aspalnya diekstrasi dan dicampur dengan minyak pelunak atau aspal

keras dengan angka penetrasi sesuai dengan yang diinginkan. Pada saat

ini aspal batu telah dikembangkan lebih lanjut, sehingga menghasilkan

aspal batu dalam bentuk butiran partikel yang berukuran lebih kecil dari

1 mm dan dalam bentuk mastik.



3. Aspal Modifikasi

Aspal modifikasi dibuat dengan mencampur aspal keras dengan suatu bahan

tambah. Polymer hádala jenis bahan tambah yang sering di gunakan saat ini,

sehinga aspal modifikasi sering disebut juga aspal polymer.

Antara lain berdasarkan sifatnya, ada dua jenis bahan polymer yang biasanya

digunakan untuk tujuan ini, yaitu:

-Aspal Polymer Elastomer dan karet 

Aspal Polymer adalah jenis – jenis polyer elastomer yang SBS (Styrene Butadine Sterene), SBR (Styrene Butadine Rubber), SIS (Styrene Isoprene Styrene), dan karet hádala jenis polymer elastoner yang biasanya digunakan sebagai bahan pencampur aspal keras. Penambahanpolymer jenis ini dimaksudkan untuk memperbaiki sifat rheologi aspal, antara lain penetrasi, kekentalan, titik lembek dan elastisitas aspal keras. Campuran beraspal yang dibuat dengan aspal polymer elastomer akan memiliki tingkat elastisitas yang lebih tinggi dari campuran beraspal yang dibuat dengan aspal keras. Presentase penambahan bahan tambah ( additive) pada pembuatan aspal polymer harus ditentukan berdasarkan pengujian labolatorium, karena penambahan bahan tambah sampai dengan batas tertentu

memang dapat memperbaiki sifat-sifat rheologi aspal dan campuran tetapi penambahan yang berlebiha justru akan memberikan pengaruh yang negatif.

-Aspal Polymer Plastomer

Seperti halnya dengan aspal polymer elastomer, penambahan bahan polymer plastomer pada aspal keras juga dimaksudkan untuk meningkatkan sifat rheologi baik pada aspal keras dan sifat sifik campuran beraspal. Jenis polymer plastomer yang telah banyak digunakan antara lain adalah EVA (Ethylene Vinyle Acetate), Polypropilene, dan Polyethilene. Presentase penambahan polymer ini kedalam aspal keras juga harus ditentukan berdasarkan pengujian labolatorium, karena penambahan bahan tambah sampai dengan batas tertentu penambahan ini dapat memperbaiki sifat-sifat rheologi aspal dan campuran tetapi penambahan yang berlebiha justru akan memberikan pengaruh yang negatif. 

Tahapan Proses Pengaspalan Jalan Hotmix


Tahapan Proses Pengaspalan Jalan - Proses pengaspalan jalan dilakukan melalui beberapa tahapan, Pekerjaan Pengukuran badan jalan, Pekerjaan Clearing & Grubbing, Pekerjaan Stripping, Pekerjaan Sub Grade, Pekerjaan Sub Base Coarse, Pekerjaan Base Coarse dan sebagainya. 

Secara garis besar pekerjaan pengaspalan jalan hotmix dibagi :

1. Pekerjaan Pemetaan (Pengukuran badan jalan)
2. Pekerjaan Clearing & Grubbing (Pembersihan badan jalan dari pohon dan tanah lapisan atas)
3. Pekerjaan Stripping (Pembentukan badan jalan)
4. Pekerjaan Sub Grade ( Pemadatan Tanah)
5. Pekerjaan Sub Base Coarse (Pondasi Bawah)
6. Pekerjaan Base Coarse (Pondasi Atas). Tambahkan Prime coad (Lapis Pengikat antara Base coarse dan ATB)
7. Pekerjaan Wearing Coarse (Lapisan Atas) = ATB. Tambahkan Take Coad ( Lapis Pelekat antara ATB dan Hotmix)

8. Pekerjaan Surface Coarse (Lapisan Permukaan) = HOTMIX
9. Pekerjaan Marka Jalan
10.Pekerjaan Pemasangan Rambu Jalan
Itulah Tahapan Proses pengaspalan jalan yang dilakukan melalui beberapa tahapan: Pekerjaan Pengukuran badan jalan, Pekerjaan Clearing & Grubbing, Pekerjaan Stripping, Pekerjaan Sub Grade, Pekerjaan Sub Base Coarse, Pekerjaan Base Coarse dan sebagainya. Semoga dapat bermanfaat.
Kontraktor jasa pengaspalan jalan di Pulau Bali dan sekitarnya. Harga Aspal Hotmix Per Meter Persegi, Biaya Upah Borongan Pengaspalan Jalan Per meter - Pelaksana Proyek Pengaspalan Jalan Hotmix di Pulau Bali dan Jawa Timur.





 
Top