Aspal Hotmix atau dikenal juga dengan istilah aspal beton merupakan campuran agregat halus dengan agregat kasar, dan bahan pengisi (Filler) dengan menggunakan bahan pengikat aspal dalam kondisi suhu panas tinggi. Dengan komposisi yang diteliti dan diatur oleh spesifikasi teknis.

Jenis Aspal Hotmix

Berdasarkan bahan yang digunakan dan kebutuhan desain konstruksi jalan aspal Beton mempunyai beberapa jenis antara Lain:
  1. Binder Course ( BC ) dengan tebal minimum 4cm biasanya digunakan sebagai lapis kedua sebelum wearing course.
  2. Asphalt Traeted Base ( ATB ) dengan tebal minimum 5 Cm digunakan sebagai lapis pondasi atas konstruksi jalan dengan lalu lintas berat / Tinggi.
  3. Hot Roller Sheet ( HRS ) / Lataston / laston 3 dengan tebal penggelaran minimum 3 s/d 4 cm digunakan sebagai lapis permukaan konstruksi jalan dengan lalu lintas sedang
  4. ( FG ) Fine Grade dengan tebal minimum 2.8 cm maks 3 cm bisanya digunakan untuk jalan perumahan dengan beban rendah.
  5. Asphalt Traeted Base ( ATB ) dengan tebal minimum 5 Cm digunakan sebagai lapis pondasi atas konstruksi jalan dengan lalu lintas berat / Tinggi.klik salah satu baner di bawah penjelasan ini.
  6. Sand Sheet dengan tebal Maximum 2.8 cm biasanya digunakan untuk jalan perumahan dan perparkiran.
  7. Wearing Course ( AC ) / Laston dengan tebal penggelaran minimum 4 Cm digunakan sebagai lapis permukaan jalan dengan lalu lintas berat.
Aplikasi Aspal Hotmix:
Aspal Hotmix secara luas digunakan sebagai lapisan permukaan konstruksi jalan dengan lalu lintas berat, sedang, ringan, dan lapangan terbang, dalam kondisi segala macam cuaca
Kelebihan Aspal Hotmix :
  1. Waktu pekerjaan yang relatif sangat cepat sehingga terciptanya efesiensi waktu.
  2. Lapisan konstruksi Aspal beton tidak peka terhadap air, (kedap air ).
  3. Dapat dilalui kendaraan setelah pelaksanaan penghamparan.
  4. Mempunyai sifat flexible sehingga mempunyai kenyamanan bagi pengendara,
  5. Pemeliharaan yang relative mudah dan murah.
  6. Stabilitas yang tinggi sehingga dapat menahan beban lalu lintas tanpa terjadinya deformasi

 
Top